Untuk anak-anak sekolah yang dapet pelajaran kimia, aplikasi yang satu ini cukup berguna. Kalzium bisa dipakai di Linux, & mungkin bisa dipakai di Windows juga (gw kurang tau apa bisa dipakai di Windows apa nggak). Gw nginstall Kalzium di Linux Mint lewat command line di terminal, berhubung gw nggak nemuin Kalzium di Software Manager. Untuk install Kalzium, ketik ini di terminal.

sudo apt-get install kalzium


Command yang sama bisa dipakai di Ubuntu & sebagian distro Linux lain. Tapi seinget gw sih di Ubuntu Kalzium ada di Ubuntu Software Center, jadi nggak perlu pakai command line.

Kalau command tadi diketik di terminal & password udah masuk, proses download aplikasinya dimulai. Kalau prosesnya udah dimulai, banyak tulisan-tulisan yang muncul di terminal, seperti gambar di samping ini. Waktu proses downloadnya selesai, proses instalasi dimulai. Proses instalasinya nggak lama, cuma sebentar aja. Gw nggak tau pasti berapa lama, tapi instalasinya cepet. Proses downloadnya aja yang mungkin agak lama kalau koneksinya jelek.

Tampilan tabel periodik di Kalzium bisa diubah lewat menu Scheme (posisinya di bawah menu pull-down). Ada juga Equation Solver yang berfungsi untuk perhitungan penyetaraan reaksi, molecular editor untuk ngeliat bentuk 3D dari molekul, & data-data yang lumayan lengkap tentang unsur-unsur yang ada di dalam tabel sistem periodik unsur. Di bawah ini ada screenshot dari Kalzium yang sudah selesai diinstall.