Cheese Webcam Booth itu salah satu aplikasi di Linux yang gunanya untuk motret lewat webcam. Cheese udah ada dari awal di Fedora 12, tapi untuk Ubuntu & Linux Mint, Cheese masih perlu diinstall sendiri. Untuk Ubuntu sih sebenernya Cheese ada di Ubuntu Software Center, jadi bisa diinstall dari sana. Tapi waktu gw nginstall gw belum ngecek Ubuntu Software Center, jadi gw pakai terminal buat instalasinya. Untuk install lewat terminal, ketik ini.

sudo apt-get install cheese


Gw sempet ada masalah dengan Cheese-nya waktu di Ubuntu (waktu di Fedora sih nggak bermasalah). Seharusnya sih webcam gw bisa di-detect, soalnya waktu gw coba tes di website yang punya fitur untuk ngambil foto dari webcam kita, webcam gw bisa berfungsi. Tapi Cheese nggak bisa, gambar yang nongol cuma warna-warna kayak di layar TV waktu nggak ada siaran. Gw coba utak atik nggak berfungsi juga, tapi selama gw utak atik sih gw ada nge-uninstall & nginstall ulang, & beberapa kali restart kommputer. Akhirnya berfungsi habis beberapa kali, tapi gw masih belum tau di mana yang salah waktu Cheese nggak berfungsi. Sekarang sih udah oke.

Untuk uninstall Cheese dari terminal, ketik ini.

sudo apt-get remove cheese