Windows 7 bajakan bisa diinstall & bisa berfungsi tanpa activation key. Semua fasilitas yang bisa didapat sama dengan yang didapat orang yang beli Windows 7 original & punya activation key. Bedanya? Windows 7 yang nggak ada activation key untuk aktivasi punya batas pemakaian 30 hari.

Untuk Windows 7 versi Beta & Release Candidate cukup gampang buat nemuin activation key-nya. Tinggal search di Google pake keyword yang sesuai, search results-nya bakal banyak nampilin link yang nyantumin activation key buat Windows 7 Beta & Release Candidate.

Untuk Windows 7 Ultimate? Crack-nya lumayan banyak. Ada juga website yang nampilin activation key-nya terang-terangan. Untuk Windows 7 selain versi Ultimate agak susah nyari activation key-nya. Banyak juga crack yang dibuat khusus buat Windows 7 Ultimate.

Gw sendiri pake Windows 7 Professional, agak susah buat nyari crack yang khusus dibuat untuk Windows 7 Professional. Activation key yang ditampilin di website-website juga banyak yang udah nggak bisa dipakai buat aktivasi. Jadi? Gimana aktivasinya?

Ada crack yang diklaim bisa berfungsi di semua versi Windows 7. Namanya Windows 7 Loader, bisa dicari di Google & di-download. Dari yang gw cobain kemarin sih versi yang bisa berfungsi di komputer gw itu versi 4.9.7, itu versi yang paling baru yang bisa gw dapet. Gw dapet beberapa versi dari Windows 7 Loader sih, tapi yang bisa berfungsi cuma yang versi 4.9.7. Cara pemakaiannya sih nggak beda jauh dari versi ke versi. Cuma tampilannya aja yang berubah. Kalau versi sebelum 4.9.7, waktu aplikasinya jalan, pilih menu Loader atau Internet. Cek System di Control Panel. Kalau sukses, countdown masa trialnya bakal hilang & diganti tulisan 'Windows is activated'. Kalau tulisan yang muncul bukan 'Windows is activated', coba versi Windows 7 Loader yang lain.

Untuk versi 4.9.7, waktu aplikasinya jalan, pilih 'Activate Windows Now'. Tunggu sebentar sementara aktivasinya diproses. Waktu prosesnya selesai, kita diminta untuk restart komputer. Nah, sesudah restart ini seharusnya di System ada tulisan 'Windows is activated'. Kalau nantinya Windows 7 Loader versi 4.9.7 nggak mempan, coba cari versi yang lebih baru lagi. Kelihatannya sih Windows 7 Loader masih bakal terus diupdate, jadi masih ada versi baru nantinya.