Tau SNES? Itu loh, Super Nintendo Entertainment System, konsol game yang lumayan ngetop sekitar awal tahun 90an. Di samping ini ada gambar konsolnya. Konsolnya sih modelnya kebanyakan begini, cuma yang keluaran Amerika bentuknya beda. Game-game SNES sekarang masih bisa dimainin pakai emulator di komputer. Emulator yang gw pake buat main game SNES di komputer namanya ZSNES. ZSNES bisa dipakai di Windows, DOS, & Linux. Untuk downloadnya, bisa didownload dari sini.

Gw sendiri install ZSNESnya di Linux Mint. Kalau di Linux Mint, ZSNES bisa diinstall dari Software Manager. Tinggal pilih ZSNES, lalu tunggu selesai download, lalu download gamenya. Untuk Ubuntu belum gw coba & belum ngecek Software Center juga buat liat apa ada ZSNES di sana atau nggak. Tapi kalau nggak ada, harusnya bisa diinstall pakai perintah ini di terminal:

sudo apt-get install zsnes


Instalasi lewat terminalnya belum gw coba, tapi gw rasa harusnya bisa pakai perintah itu. Kalau nggak coba download versi Linuxnya dari link yang gw kasih tadi atau cek Software Center.

Game yang diputar di ZSNES lumayan lancar. Tapi di komputer gw suaranya agak kacau. Game Parodius yang gw mainin di ZSNES bunyinya agak patah-patah, Final Fantasy IV & Final Fantasy V juga. Tapi selain bunyinya nggak ada masalah lain.

Untuk kontrolnya:
  • D-Pad -> tombol panah
  • Start tombol enter
  • A -> tombol X
  • B -> tombol Z
  • X & Y -> tombol A & S, tapi gw lupa pastinya mana yang X & mana yang Y
Tampilan ZSNES sama dengan tampilan screen shot di samping ini. Untuk mulai main, klik Load yang ada di menu pull down game. Lalu pilih file game yang mau dimainin. Untuk game multiplayer, gw belum nemuin tombol-tombol buat Player 2.

Untuk game-gamenya, bisa dicari lewat Google & didownload. Di beberapa website, gamenya cuma bisa didownload member. Jadi perlu register dulu.